Draft Kompetensi
Mata Pelajaran Minangkabau
Tingkat SMA/SMK
Kelas X dan XI
Kompetensi
Inti
KOMPETENSI INTI PENGETAHUAN (KI 3)
|
KOMPETENSI INTI KETERAMPILAN (KI 4)
|
Berfikir secara faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan:
1.
Ilmu pengetahuan,
2.
Teknologi,
3.
Seni,
4.
Budaya, dan
5.
Humaniora
Dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat lokal, nasional, regional, dan internasional.
|
Bertindak produktif, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif dalam:
1.
Melaksanakan tugas dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan
masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja, dan
2.
Menampilkan kinerja mandiri dengan
pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas dan kualitas yang terukur
sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberi tugas membimbing orang
lain.
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
|||||||||||
KD
|
PENGETAHUAN
|
KD
|
KETERAMPILAN
|
JP
|
KLS
|
|||||||
I
|
LINGKUNGAN
SOSIAL EKONOMI
|
|||||||||||
1
|
3.1
|
Memahami
(C2) ragam pakaian adat Minangkabau
menurut daerah asalnya
|
4.1
|
Membedakan
(KA2) ragam pakaian adat Minangkabau
menurut daerah asalnya
|
4
|
X
|
||||||
2
|
3.2
|
Memahami
(C2) ragam tenunan, anyaman dan ukiran
khas Minangkabau
|
4.2
|
Mendeskripsikan
(KA2) ragam tenunan, anyaman dan ukiran khas Minangkabau
|
6
|
X
|
||||||
3
|
3.3
|
Menganalisis (C4) filosofi
motif tenunan,
anyaman dan ukiran khas Minangkabau
|
4.3
|
Menyajikan (KA4) filosofi
motif tenunan,
anyaman dan ukiran khas Minangkabau
|
10
|
X
|
||||||
4
|
3.4
|
Menganalisis
(C4) ragam kuliner khas Minangkabau dalam kehidupan saat ini
|
4.4
|
Membuat (P3)
ragam Kuliner Khas Minangkabau sesuai dengan kekhasan daerah
|
6
|
XI
|
||||||
5
|
3.5
|
Menerapkan
(C3) jenis dan teknik sulaman dan bordiran khas Minangkabau
|
4.5
|
Mempraktikkan
(P2) teknik sulaman dan bordiran khas Minangkabau
|
6
|
X
|
||||||
II
|
LINGKUNGAN
SOSIAL BUDAYA
|
|||||||||||
6
|
3.6
|
Menerapkan (C3)
pidato pasambahan adat dalam kehidupan masyarakat Minangkabau
|
4.6
|
Mencobakan (P3)
pidato pasambahan adat dalam kehidupan masyarakat Minangkabau
|
12
|
XI
|
||||||
7
|
3.7
|
Menganalisis
(C4) filosofi struktur, tata ruangan dan pemanfaatan rumah gadang di
Minangkabau
|
4.7
|
Menyajikan
(KA5) hasil ananlisis filosofi struktur, struktur, tata ruangan dan
pemanfaatan rumah gadang di Minangkabau
|
4
|
XI
|
||||||
8
|
3.8
|
Menerapkan
(C3) upacara adat perkawinan Minangkabau
|
4.8
|
Mempraktikkan
(P2) upacara adat perkawinan Minangkabau
|
6
|
XI
|
||||||
9
|
3.9
|
Menerapkan
(C3) Langgam Kato Nan Ampek
|
4.9
|
Mempraktikkan
(P2) Langgam Kato Nan Ampek
|
4
|
XI
|
||||||
10
|
3.10
|
Menganalisis (C4)
makna sumbang duo baleh dalam kehidupan
|
4.10
|
Mensimulasikan (P3) sumbang
duo baleh dalam kehidupan
|
4
|
X
|
||||||
11
|
3.11
|
Menganalisis
(C4) nilai-nilai dasar adat Minangkabau (Adat Nan
Ampek)
|
4.11
|
Mempresentasikan
(KA4) nilai dasar adat Minangkabau (Adat Nan Ampek)
|
4
|
XI
|
||||||
12
|
3.12
|
Menganalisis
(C4) makna
ungkapan tradisonal Minangkabau
|
4.12
|
Mensimulasikan
(P3) makna
ungkapan tradisonal Minangkabau
|
6
|
X
|
||||||
13
|
3.13
|
Menganalisis
(C4) permainan Anak Nagari masyarakat Minangkabau
|
4.13
|
Mempraktikkan
permainan Anak Nagari masyarakat Minangkabau
|
12
|
X
|
||||||
14
|
3.14
|
Menganalisis
(C4) Seni tradisional masyarakat Minangkabau
|
4.14
|
Mempraktikkan
Seni tradisional masyarakat Minangkabau
|
12
|
XI
|
||||||
III
|
LINGKUNGAN
ALAM
|
|||||||||||
15
|
3.15
|
Menganalisis
(C4) potensi wisata alam, budaya dan wisata sejarah Daerah Minangkabau
|
4.15
|
Mempresentasikan
(KA 4) potensi wisata alam, budaya dan wisata sejarah Daerah Minangkabau
|
8
|
X
|
||||||
16
|
3.16
|
Menganalisis
(C4) potensi hasil alam yang menjadi kerajinan khas daerah
|
4.16
|
Mempraktikkan
(P3) potensi hasil alam yang menjadi kerajinan khas daerah
|
12
|
X
|
||||||
IV
|
NORMA
DAN FILOSOFI KEBANGSAAN
|
|||||||||||
17
|
3.17
|
Menganalisis
(C4) prinsip-prinsip ABS-SBK
|
4.17
|
Menampilkan
(P3) prinsip-prinsip ABS-SBK
|
12
|
XI
|
||||||
18
|
3.18
|
Menganalisis
nilai-nilai perjuangan masyarakat Minangkabau dalam memperjuangkan dan
mempertahankan NKRI
|
4.18
|
Menyajikan
nilai-nilai perjuangan masyarakat Minangkabau dalam memperjuangkan dan
mempertahankan NKRI
|
8
|
XI
|
||||||
1. Minggu
efektif semester I sebanyak 18
2. Minggu
efektif semester II sebanyak 16
3. Jumlah jam
kelas X dan XI = 136 JP
4. KD kelas X
= 9 KD durasi = 68 JP @ 45 menit
5. KD kelas XI
= 9 KD durasi = 68 JP @ 45 menit
|
136
|
|||||||||||
114
|
||||||||||||
PEMBAGIAN KELOMPOK KERJA
PENYEMPURNAAN KURIKULUM MULOK
KEMINANGKABAUAN
HOTEL PANGERAN CITY, 26 – 29 JULI
2018
KELOMPOK
|
PESERTA
|
Asal Institusi
|
|
I : LINGKUNGAN
SOSIAL EKONOMI
|
1.
|
Drs. Hasan Basri
Hoesen
|
Dewan Pendidikan
|
2.
|
Drs. Mudatsir, M.Kom
|
TPK Provinsi
|
|
3.
|
Armen, S.Pd, M.Si
|
TPK Provinsi
|
|
4.
|
Dra. Rahma Maulida,
M.Si
|
TPK Provinsi
|
|
5.
|
Risma Juita, S.Pd,
M.PdE
|
SMKN 2 Padang
|
|
6.
|
Alex Candra, S.PdI
|
SMKN 2 Padang
|
|
7.
|
Citra Dewi, M.Pd
|
SMKN 1 Payakumbuh
|
|
8.
|
Rimelvi, M.Ag
|
SMAN I Padang
|
|
9.
|
Yuliswarti, M.Pd
|
SMAN 2 Padang
|
|
10.
|
Dra. Eliyaroza
|
SMA taman Siswa
Padang
|
|
11.
|
Dra. Eka Rahayu
|
SMKN 6 Padang
|
|
12.
|
Dra. Khairanis, M.Pd
|
SMAN 2 Bukittinggi
|
|
13.
|
Alza Sofyan, S.Pd
|
SMKN 1 Sintoga
|
|
II : LINGKUNGAN
SOSIAL BUDAYA
|
1.
|
Kol. Purn. Amir
Syarifudin
|
Dewan Pendidikan
|
2.
|
Ilham
|
Dewan Pendidikan
|
|
3.
|
Drs. Andri Defrioka,
M.Pd
|
TPK Provinsi
|
|
4.
|
Joko Purnomo, S.Pd,
M.Kom
|
TPK Provinsi
|
|
5.
|
Drs. Asricun, M.Pd
|
TPK Provinsi
|
|
6.
|
Yuni Era, S.Pd, M.Si
|
TPK Provinsi
|
|
7.
|
Lily Anggraika,
S.Pd, M.Pd
|
TPK Provinsi
|
|
8.
|
Drs. Erzuhedi, M.Pd
|
SMKN 9 Padang
|
|
9.
|
Drs. Irwan Khalid,
M.Si
|
SMAN 1 Padang
|
|
10.
|
Nani Amelia, M.Pd
|
SMAN 5 Bukittinggi
|
|
11.
|
Mulyati, S.Pd, M.Pd
|
SMKN 8 Padang
|
|
12.
|
Erwanto, M.PdI
|
SMAN 4 Padang
|
|
13.
|
Kingki Elnovis, S.Pd
|
SMAN 1 Dharmasraya
|
|
14.
|
Maswira Restuti,
S.Pd
|
SMAN 5 Bukittinggi
|
|
15.
|
Dra. Yeni Putri, MM
|
SMAN 5 Padang
|
|
16.
|
Citra Dewi, M.Pd
|
SMKN 9 Padang
|
|
III : LINGKUNGAN
ALAM
|
1.
|
Dra. Hj. Wellita, MM
|
Dewan Pendidikan
|
2.
|
Dra. Darmis, M.Par
|
TPK Provinsi
|
|
3.
|
Seprah Madeni, M.Pd
|
TPK Provinsi
|
|
4.
|
Drs. Zulfikar, M.Pd
|
TPK Provinsi
|
|
5.
|
Hasnul Rizki, M.PdE
|
SMKN 2 Pariaman
|
|
6.
|
Refnita, M.Pd
|
SMAN 3 Padang
|
|
7.
|
Afrizal, M.Ag
|
SMKN 5 Padang
|
|
8.
|
Drs. Iswardi
|
SMKN 7 Padang
|
|
9.
|
Iqbal Hadi, S.Pd, M.Kom
|
SMAN 2 Painan
|
|
10.
|
Drs. Pardi Yasman
|
SMAN 5 Bukittinggi
|
|
IV : LINGKUNGAN
NORMA DAN FILOSOFI KEBANGSAAN
|
1.
|
Syaiful Bahri, S.Pd
|
Dewan Pendidikan
|
2.
|
Wilma Patra, M.Pd
|
TPK Provinsi
|
|
3.
|
Drs. Masril, M.Pd
|
TPK Provinsi
|
|
4.
|
Drs. Irsyad, MM
|
TPK Provinsi
|
|
5.
|
Rika Amelia, S.Pd
|
SMKN 2 Bukittinggi
|
|
6.
|
Animar, M.Pd
|
SMAN 3 Padang
|
|
7.
|
Hendrayadi, M.PdI
|
SMAN 10 Padang
|
|
8.
|
Rukmini, S.Pd
|
SMKN 6 Padang
|
|
9.
|
Belira Varian, S.Pd
|
SMAN 4 Padang
|
|
10.
|
Drs. Afridedi
|
SMAN 2 Batusangkar
|
PPTK,
Widya
Hastuti, SE, MM
0 komentar:
Posting Komentar